Jumat, 28 Maret 2014

Tiga Keutamaan Silaturrahim

Keutamaan SilaturrahimSilaturrahim adalah sebuah aktifitas dengan berbagai manfaat dan keutamaan. Terlebih islam juga mengajarkan kita untuk bersilaturrahim atau menyambung tali persaudaraan. Berikut adalah manfaat dan beberapa keutamaan yang bisa didapat bagi pengamal silaturrahim:

1. Melapangkan Rizki
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Artinya: Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim." (HR. Bukhari)


2. Memperpanjang Usia
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda : "Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim. Karena sesungguhnya silaturrahim adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat), (sebab) banyak - nya harta dan bertambahnya usia" (HR Ahmad, Tirmidzi, al Hakim)

3. Dicintai Keluarga
Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'anhu ia berkata: "Barangsiapa bertaqwa kepada Tuhannya dan menyambung silaturrahim, niscaya dipanjangkan umurnya, dibanyakkan rizkinya dan dicintai oleh keluarganya." (HR Bukhari)

Itulah beberapa keutamaan silaturrahim. Semoga setiap muslim mampu mengamalkannya. Sungguh kemuliaan akan hadir bersama pengamalan agama ini.

Artikel ini bersumber dari Lembar Tausiyah edisi 411. 1434H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar